SOSIALISASI PERANAN DAN FUNGSI INSTITUSI STATISTIK DALAM SATU DATA INDONESIA

 

Bengkulu, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Kabupaten Seluma Elman Gustian, SE yang didampingi oleh Kasi Pengumpulan dan Analisis Data Statistik Dinas Kominfo Kabupaten Seluma Desi Afriyani, S. Si. menghadiri kegiatan Sosialisasi Peranan dan Fungsi Institusi Statistik dalam Satu Data Indonesia yang berlangsung tanggal 12-13 November 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu
bertempat di The Madeline Hotel Bengkulu, Rabu (13/11/2019).

Kegiatan ini sebagai langkah meningkatkan pemahaman aparatur pengelola data statistik pada pemerintah daerah kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Seperti yang telah disampaikan oleh Kepala BPS Provinsi Bengkulu Dyah Anugrah Kuswardani, MA. pada saat membuka acara pada tanggal 12 November 2019 yang lalu bahwa informasi statistik bersifat terbuka sebab itu data yang dipublikasikan harus memenuhi kaidah-kaidah yang telah ditentukan.

“Kita harus meningkatkan tata kelola data yang berkualitas karena Ini merupakan target yang tidak bisa ditawar lagi dan dalam pidato kenegaraan pun Presiden RI Joko Widodo pernah menyatakan bahwa data merupakan sumber baru kekayaan bangsa yang lebih berharga dari minyak,” ungkap Dyah Anugrah Kuswardani, MA.

Untuk mewujudkan data yang andal, efektif, dan efisien maka diperlukan langkah-langkah antara lain mengatur dan menetapkan pembagian peran dan fungsi institusi dalam penyelenggaraan statistik agar setiap produsen mampu menghasilkan data yang baik, berkualitas, serta mudah dimengerti.

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Kepala BPS dan Kepala Dinas Kominfo kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu yang gunanya untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip Satu Data Indonesia.

Target jangka pendek yang harus dilakukan adalah mendorong berjalannya Norma,. Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK), pengenalan standar proses bisnis statistik, serta peningkatan kapasitas SDM supaya mampu menghasilkan serta menerjemahkan data secara tepat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan satu orang narasumber dari kementerian yaitu Kasi Wilayah 1 Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II Ditjenbangda Kemendagri Benjamin Sibarani, ST, MM dan enam orang narasumber lainnya dari instansi terkait yang ada di Provinsi Bengkulu.

share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *