Sosialisasi dan Asistensi Pembentukan Computer Security Insident Response Team (CSIRT)

Kasi Penyelenggaraan Persandian Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Kabupaten Seluma Yudi Hepriyanto, SE mengikuti Sosialisasi dan Asistensi Pembentukan Computer Security Insident Response Team (CSIRT) Sektoral Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah, Deputi Bidang Penanggulangan pemulihan BSSN yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu
di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu, Rabu (24/7/2019).

Kegiatan Sosialisasi yang berlangsung tanggal 24 – 25 Juli 2019 ini dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Jadul Iwan, SE, MM. menghadirkan para peserta dari Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, beberapa OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Sosialisasi ini mendatangkan narasumber dari Tim Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terdiri Sriyanto, S.Sos, MM, Agus Indra Mawa, Rama Aditia dan Nikson Badua Putra.

Adapun Materi yang disampaikan oleh narasumber antara lain mengenai Computer Security Insident Response Team (CSRIT), Mekanisme pendaftaran CSRIT Sektoral Pemerintah, Pembentukan CSRIT, pedoman penyelenggaraan penanggulangan dan pemulihan insiden siber/sandi.

Hasil dari sosialisasi dan sismen ini menghasilkan beberapa item kesepakatan yaitu pemerintah provinsi dan kebupaten/kota se-Provinsi Bengkulu di haruskan segera membentuk tim CSRIT dalam penanggulangan masalah Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK), dan kesediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Tim. Kemudian rencana yang akan datang akan dilakukan evaluasi terhadap provinsi dan kabupaten/kota yang telah membentuk tim CSRIT.

share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *