SOSIALISASI DAN BIMTEK LAPOR SP4N KABUPATEN SELUMA

Dinas Kominfo Kabupaten Seluma menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimtek Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR SP4N) Kabupaten Seluma selama 2 (dua) hari yaitu hari Rabu dan Kamis tanggal 9 dan 10 Oktober 2018 bertempat di Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Seluma.

Sosialisasi dan Bimtek LAPOR SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) yang dibuka oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian Nurul Iksan, SE mewakili Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Seluma ini diikuti oleh 30 orang Admin Pembantu dari masing-masing OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma.

Sedangkan Narasumber Sosialisasi dan Bimtek ini dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statisik Provinsi Bengkulu yaitu Indra Gunawan, SE Kasi Pengelolaan Komunikasi dan Dwi Erza Zily Surya Darma, S.IP, M.Si Admin e-Lapor Provinsi Bengkulu

Sosialisasi dan Bimtek bagi Admin Pembantu ini bertujuan untuk memperkenalkan Aplikasi lapor SP4N dan meningkatkan kemampuan Admin Utama dan Admin Pembantu pada masing-masing OPD dalam mengoprasikan Aplikasi Lapor SP4N sehingga dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam menangani laporan atau pengaduan dari masyarakat.

Adapun dasar pelaksanaan Sosialisasi dan Bimtek ini adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 3 Tahun 2015 tentang Road Map Pengembangan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), dan sesuai dengan Keputusan Bupati Seluma Nomor: 100-387 Tahun 2017 tentang Tim Koordinasi Pengelolaan Layanan Pengaduan dan Petugas Administrator Pengelola Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Kabupaten Seluma.

Selain materi modulisasi yàng disampaikan oleh narasumber kepada peserta terdapat juga praktek langsung cara penanganan pengaduan publik melalui aplikasi SP4N. Pengaduan pubik yang masuk melalui Admin induk akan dikirim kepada admin pembantu sebagai OPD teknis dari laporan masyarakat tersebut, untuk dapat ditindak lanjuti.

Diharapkan setelah pelaksanaan Sosialisasi dan Bimtek Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR SP4N) ini maka Aplikasi E-LAPOR SP4N Kabupaten Seluma dengan Admin Induk pada Dinas Kominfo Kabupaten Seluma akan segera di launching dalam rangka pelayanan publik yang maksimal bagi masyarakat Kabupaten Seluma.

share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *